Sejarah Korea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Seoul dengan latarSungnyemun pada tahun 1904

Sejarah Korea bermula dari zaman Paleolitik Awal sampai dengan sekarang [1]. Kebudayaan tembikar di Korea dimulai sekitar tahun 8000 SM, dan zaman neolitikum dimulai sebelum 6000 SM yang diikuti oleh zaman perunggu sekitar tahun 2500 SM. Kemudian Kerajaan Gojoseon berdiri tahun 2333 SM [2]. Baru pada abad ke-3 SM Korea mulai terbagi-bagi menjadi banyak wilayah kerajaan.

Pada tahun satu Masehi, Tiga Kerajaan Korea seperti Goguryeo, Silla dan Baekje mulai mendominasi Semenanjung Korea dan Manchuria. Tiga kerajaan ini saling bersaing secara ekonomi dan militer. Koguryo dan Baekje adalah dua kerajaan yang terkuat, terutama Goguryeo, yang selalu dapat menangkis serangan-serangan dari Dinasti-dinasti Cina. Kerajaan Silla perlahan-lahan menjadi kuat dan akhirnya dapat menundukkan Goguryeo. Untuk pertama kalinya Semenanjung Korea berhasil disatukan oleh Silla pada tahun 676 menjadi Silla Bersatu. Para pelarian Goguryeo yang selamat mendirikan sebuah kerajaan lain di sisi timur laut semenanjung Korea, yakni Balhae.

Silla Bersatu akhirnya runtuh di akhir abad ke-9, yang juga mengakhiri masa kekuasaan Tiga Kerajaan. Kerajaan yang baru, Dinasti Goryeo, mulai mendominasi Semenanjung Korea. Kerajaan Balhae runtuh tahun 926 karena serangan bangsa Khitan dan sebagian besar penduduk serta pemimpinnya, Dae Gwang hyun, mengungsi ke Dinasti Goryeo. Selama masa pemerintahan Goryeo, hukum yang baru dibuat, pelayanan masyarakat dibentuk, serta penyebaran agama Buddha berkembang pesat. Tahun 993 sampai 1019 suku Khitan dari Dinasti Liao meyerbu Goryeo, tapi berhasil dipukul mundur. Kemudian pada tahun 1238, Goryeo kembali diserbu pasukan Mongol dan setelah mengalami perang hampir 30 tahun, dua pihak akhirnya melakukan perjanjian damai.

Pada tahun 1392, Taejo dari Joseon mendirikan Dinasti Joseon setelah menumbangkan Goryeo. Raja Sejong (1418-1450) mengumumkan penciptaan abjad Hangeul. Antara 15921598, dalam Perang Imjin, Jepang menginvasi Semenanjung Korea, tapi dapat dipatahkan oleh prajurit pimpinan Admiral Yi Sun-shin. Lalu pada tahun 1620-an sampai 1630-an Dinasti Joseon kembali menderita serangan dari (Dinasti Qing).

Pada awal tahun 1870-an, Jepang kembali berusaha merebut Korea yang berada dalam pengaruh Cina. Pada tahun 1895 Maharani Myeongseong dibunuh oleh mata-mata Jepang [3] Pada tahun 1905, Jepang memakasa Korea untuk menandatangani Perjanjian Eulsa yang menjadikan Korea sebagai protektorat Jepang, lalu pada 1910 Jepang mulai menjajah Korea. [4] Perjuangan rakyat Korea terhadap penjajahan Jepang dimanifestasikan dalam Pergerakan 1 Maret dengan tanpa kekerasan. Pergerakan kemerdekaan Korea yang dilakukan Pemerintahan Provisional Republik Korea lebih banyak aktif di luar Korea seperti di Manchuria, Cina dan Siberia.

Dengan menyerahnya Jepang pada tahun 1945, PBB membuat rencana administrasi bersama Uni Soviet dan Amerika Serikat, namun rencana tersebut tidak terlaksana. Pada tahun 1948, pemerintahan baru terbentuk, yang demokratik (Korea Selatan) dan komunis (Korea Utara) yang dibagi oleh garis lintang 38 derajat. Ketegangan antara kedua belah pihak mencuat ketika Perang Korea meletus tahun 1950 ketika pihak Korea Utara menyerang Korea Selatan.

Masa prasejarah

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Prasejarah Korea
Goguryeo tomb mural.jpgSejarah Korea
Prasejarah
Zaman Jeulmun
Zaman Mumun
Gojoseon
Jin
Proto Tiga Kerajaan:
Buyeo, Okjeo, Dongye
Samhan: Ma, Byeon, Jin
Tiga Kerajaan:
Goguryeo
Baekje
Silla
Gaya
Zaman Negara Utara-Selatan:
Silla Bersatu
Balhae
Tiga Kerajaan Akhir:
Taebong, Hubaekje
Goryeo
Joseon
Kekaisaran Han
Penjajahan Jepang
Pemerintahan Sementara
Pembagian Korea
Korea Utara, Korea Selatan
Perang Korea
Portal Korea

Bukti arkeologi menunjukkan bahwa manusia pertama menghuni Semenanjung Korea 700.000 tahun lalu, walaupun sejumlah arkeolog dari Korea Utara mengklaim bahwa Korea sudah berpenghuni 1 juta tahun yang lalu. [5]

Sejumlah artefak dari periode Palaeolitik (700 ribu SM-40 ribu SM) telah ditemukan di propinsi Hamgyong Utara, Pyongan Selatan, Gyeonggi, Chungcheong Utara dan Chungcheong Selatan. Dari penemuan tersebut diketahui pada masa prasejarah mereka tinggal di gua dan juga membangun tempat tinggal, menggunakan api, berburu dan memakai peralatan yang dibuat dari batu.

 Zaman Tembikar Jeulmun

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Zaman Tembikar Jeulmun

Zaman kebudayaan tembikar di Korea dimulai sekitar 8000 SM, disebut Kebudayaan Tembikar Yungimun. Bukti-bukti arkeologinya ditemukan di seluruh Korea, seperti di situs Gosann-ni di Pulau Jeju.

Kebudayaan Tembikar Jeulmun (tembikar berpola sisir) dimulai tahun 7000 SM, dan kebudayaan tembikar dengan pola sisir di keseluruhan sisi artefak dimulai antara tahun 3500-2000 SM. Tembikar Jeulmun sama dengan tembikar yang ditemukan di Primorsky, Rusia, Mongolia, lembah sungai Amur dan Sungari di Manchuria [6]

 Zaman Tembikar Mumun

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Zaman Tembikar Mumun

Pada masa ini (sekitar 1500 SM-300 SM) mulai terbentuk masyarakat yang bercocok tanam dan berkehidupan sosial-politik. Masyarakat di Korea bagian selatan mengembangkan pertanian padi ladang di Zaman Mumun Tua (1500 SM-850 SM). Di Zaman Mumun Madya (850 SM-550 SM) mulai dikenal sistem masyarakat yang dipimpin oleh kepala suku. Pada Zaman Mumun Muda (sekitar 550 SM-300 SM) bukti arkeologi menunjukkan telah dilakukan upacara kematian (penguburan) bagi orang yang memiliki status tinggi. Produksi perunggu dimulai di Zaman Mumun Madya dan berperan penting dalam kegiatan upacara atau politik setelah tahun 700 SM. Pada periode ini pula pertama kalinya berkembang pemukiman yang berkembang kian besar dan akhirnya hancur: beberapa contohnya seperti Songguk-ri, Daepyeong dan Igeum-dong. Zaman Mumun berakhir sekitar tahun 300 SM.

 Gojoseon

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Gojoseon

Gojoseon adalah kerajaan Korea yang pertama. Berdasarkan Samguk Yusa dan teks-teks kuno Korea abad pertengahan[7], Gojoseon didirikan tahun 2333 SM oleh Dangun, putra tokoh mitologi Korea, Hwanin, yang dipercaya diturunkan dari surga.

Masyarakat Gojoseon adalah keturunan dari suku bangsa Altai yang bermigrasi ke Manchuria, daerah sebelah utara Sungai Yangtze (Cina) dan semenanjung Korea. Mereka adalah nenek moyang orang Korea yang pertama yang disebut dalam catatan sejarah [8]

Gojoseon sebenarnya terletak di Liaoning, tetapi sekitar tahun 400 SM memindahkan ibukotanya ke Pyongyang yang sekarang adalah ibukota dari Korea Utara [9][10]

 Kebudayaan perunggu

Kebudayaan perunggu menyingsing di Korea sekitar tahun 1500-1000 SM, dan melalui bukti-bukti arkeologi menyebutkan mungkin lebih jauh lagi yaitu tahun 2500 SM[11]

Pada masa ini telah dikenal peralatan seperti pisau belati perunggu (bronze daggers), kaca, persenjataan serta pembuatan kota yang berdinding[12]

Masyarakatnya juga telah membudidayakan padi, kacang merah, kacang kedelai dan gandum. Mereka dapat membuat rumah-rumah yang berbentuk persegi panjang dan membangun dolmen untuk tempat penguburan jenazah. Semenanjung Korea memiliki situs dolmen yang terbanyak di dunia. [6] Gojoseon berubah dari pemukiman bertembok (walled cities) yang bersifat feodal menjadi sebuah kerajaan sebelum abad ke 4 SM [13]

Kebudayaan besi

Sejak abad ke 3 SM, kebudayaan besi telah berkembang dan peperangan dengan bangsa Cina menyebabkan pengungsian ke timur dan selatan semenanjung. Baru-baru ini sebuah cermin besi ditemukan di Songseok-ri, Kangdong-gun, kota Pyongyang di Korea Utara[14] yang mungkin berasal dari tahun 1200 SM.

Pada masa ini, sebuah kerajaan bernama Jin, berkembang di bagian selatan semenanjung Korea. Sangat sedikit bukti mengenai keberadaan Kerajaan Jin, namun kerajaan ini sudah mengadakan hubungan dengan Dinasti Han Cina dan mentransfer kebudayaan ke Yayoi (Jepang). [15] Raja dari Gija Joseon mungkin telah lari ke Jin setelah terjadi pemberontakan oleh Wiman. Jin kemudian berkembang jadi Konfederasi Samhan. Dinasti Han lalu menumbangkan Wiman dan mendirikan Empat Komander Han.

Kehancuran

Masih kabur kapankah waktu kejatuhan dan kehancuran Gojoseon, tergantung kepada bagaimana sejarawan memandang Gija Joseon. Sebuah teori dari Joseon Sangosa menyebutkan bahwa Gojoseon mengalami perpecahan tahun 300 SM dan secara perlahan kehilangan kendali atas wilayah teritorinya. Banyak negara (kerajaan) kecil yang menjadi pecahannya seperti Buyeo, Okjeo, Dongye, Guda-guk, Galsa-guk, Gaema-guk, dan Hangin-guk. Sedangkan kerajaan besar Goguryeo dan Baekje berasal dari Buyeo. Masa Tiga Kerajaan Korea dikuasai oleh Goguryeo, Baekje dan Silla walaupun sampai abad ke 5 dan 6 terdapat Kerajaan Buyeo dan Gaya.

 Proto Tiga Kerajaan

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Proto Tiga Kerajaan

Periode Proto Tiga Kerajaan (Masa Sebelum Tiga Kerajaan) kadang-kadang disebut Periode Banyak Negara (열국시대), atau masa sebelum munculnya tiga kerajaan seperti Goguryeo, Baekje dan Silla. Pada masa ini terdapat banyak negara pecahan kerajaan Gojoseon. Yang terbesar adalah Dongbuyeo (Buyeo Timur) dan Bukbuyeo (Buyeo Utara).

Buyeo dan Kerajaan dari Utara

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Buyeo

Setelah kehancuran Gojoseon, Buyo berkembang di Korea Utara saat ini dan sebelah selatan Manchuria, dari abad ke 2 SM sampai tahun 494 M. Sisa-sisa wilayah Gojoseon diserap oleh Goguryeo tahun 494, dan keduanya (Kerajaan Goguryeo dan Baekje) menganggap masing-masing sebagai penerus dari Gojoseon.

Walaupun banyak dari catatan sejarah tidak akurat dan bertentangan, disebutkan pada tahun 86 SM, Buyeo terpecah jadi Buyeo Utara (Bukbuyeo) dan Buyeo Timur (Dongbuyeo). Pada tahun 538 Baekje menamakan diri mereka Nambuyeo (Buyeo Selatan).

Okjeo adalah kerajaan yang terletak di sebelah utara semenanjung Korea dan berdiri setelah jatuhnya Gojoseon. Okjo sendiri sudah menjadi bagian dari Gojoseon sebelum Gojoseon hancur. Okjeo tidak pernah menjadi sepenuhnya kerajaan yang bebas karena selalu menghadapi intervensi dari kerajaan-kerajaan tetangganya. Okjeo kemudian menjadi taklukan Goguryeo di bawah Raja Gwanggaeto yang Agung pada abad ke 5 M.

Dongye adalah kerajaan kecil lain yang terletak di sebelah utara Semenanjung Korea. Dongye berbatasan dengan Okjeo dan dua kerajaan lain yang juga menjadi negeri taklukkn Goguryeo. Dongye juga adalah pecahan dari Gojoseon.

 Samhan

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Samhan

Samhan (三韓) adalah tiga negara konfederasi yaitu Mahan, Jinhan dan Byeonhan. Samhan terletak di bagian selatan Semenanjung Korea. Tiga konfederasi ini menjadi tonggak pendirian kerajaan Baekje, Silla dan Gaya. Mahan adalah yang terbesar dengan 54 negara bagian, Byeonhan dan Jinhan masing-masing memiliki 12 negara bagian. Kata samhan kemudian digunakan untuk menunjuk Tiga Kerajaan Korea.

Hanja “han” (韓) dari Samhan saat ini digunakan untuk menunjuk Korea (Dae Han Min Guk).

Periode Tiga Kerajaan

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Tiga Kerajaan Korea

Goguryeo

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Goguryeo

Goguryeo adalah kerajaan paling besar di antara Tiga Kerajaan. Goguryeo didirikan tahun 37 SM oleh Jumong (Dongmyeongseong) pertama memeluk Buddhisme pada tahun 372 pada masa pemerintahan Raja Raja Sosurim.

Goguryeo mencapai masa keemasan pada abad ke 5, ketika Raja Gwanggaeto yang Agung dan anaknya Raja Raja Jangsu memperluas wilayah kekuasaan sampai Manchuria dan Mongolia, serta merebut Seoul dari tangan kerajaan Baekje. Gwanggaeto dan Jangsu akhirnya memaksa Baekje dan Silla untuk tunduk dan untuk pertama kalinya menyatukan semenanjung Korea.

Goguryeo menangkis berkali-kali serangan tentara Cina dalam Perang Goguryeo-Sui tahun 598 sampai 614 yang menyebabkan runtuhnya Dinasti Sui. [16] Namun dengan banyaknya perang dengan Cina, telah perlahan-lahan melemahkan Goguryeo. Goguryeo ditundukkan dalam serangan gabungan Silla dan Dinasti Tang tahun 668.

Baekje

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Baekje

Baekje didirikan tahun 18 SM oleh Onjo [7]seperti yang disebutkan di Samguk Sagi.

Teks Cina kuno Sanguo Zhi menyebutkan bahwa Baekje adalah bagian dari Konfederasi Mahan yang berlokasi di lembah Sungai Han (dekat Seoul saat ini). Baekje memperluas wilayah kekuasaannya ke propinsi Chungcheong dan Jeolla dan menjadi saingan bagi Goguryeo dan dinasti-dinasti di Cina.

Pada puncak kegemilangannya pada abad ke 4, Baekje menguasai semua negara bagian Konfederasi Mahan dan menguasai bagian barat semenanjung Korea.

Baekje memainkan peran yang penting dalam mentransfer perkembangan budaya ke Jepang seperti pengenalan karakter Tionghoa, agama Buddha, pembuatan barang dari besi, keramik dan upacara pemakaman [17] Baekje ditundukkan oleh aliansi Silla dan Dinasti Tang pada tahun 660 dan anggota kerajaannya melarikan diri ke Jepang.

 Silla

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Silla

Menurut catatan sejarah, Kerajaan Silla terbentuk pada saat unifikasi negara bagian milik Konfederasi Jinhan oleh Bak Hyeokgeose tahun 57 SM di bagian selatan semenanjung Korea.

Artefak Silla seperti kerajinan emas menunjukkan adanya pengaruh nomadik, dan tidak dipengaruhi budaya Tionghoa seperti halnya milik Goguryeo dan Baekje. Silla berkembang cepat dan menguasai wilayah lembah sungai Han dan menyatukan berbagai wilayah kecil.

Pada abad ke 2, Silla mulai tumbuh menjadi kerajaan yang kuat dan sering terlibat perang dengan Baekje, Goguryeo dan Jepang. Pada tahun 660 Raja Silla, Muyeol, menundukkan Baekje bersama Jenderal Kim Yushin yang dibantu pasukan dari Dinasti Tang. Pada tahun 661 Silla dan Tang menyerbu Goguryeo, namun dapat ditangkis. Raja Muyeol melakukan serangan lagi tahun 667 dan Goguryeo ditaklukkan pada tahun berikutnya.

 Gaya

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Konfederasi Gaya

Konfederasi Gaya adalah sebuah konfederasi yang terletak di lembah sungai Nakdong di Korea bagian selatan. Gaya berkembang dari Konfederasi Byeonhan dan pada tahun 562 ditaklukkan oleh Silla.

Negara Utara dan Selatan

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Periode Negara Selatan dan Utara

Sebutan Negara Utara dan Selatan merujuk pada kerajaan Silla Bersatu dan Balhae, yaitu saat Silla menguasai semenanjung Korea dan Balhae memperluas kekuasaannya di Manchuria.

Silla Bersatu

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Silla Bersatu

Setelah perang unifikasi, Dinasti Tang mendirikan teritori dan komunitasnya di bekas wilayah Goguryeo dan juga di Baekje. Silla menyerang orang-orang Tang di Baekje dan Korea Utara tahun 671. [16]

Cina menginvasi Silla tahun 674 namun gagal di bawah tentara Jenderal Kim Yushin yang kuat. Silla akhirnya mengeluarkan semua kekuatan Tang tahun 676 dan membawa penyatuan bagi sebagian besar semenanjung Korea.

Periode Silla bersatu adalah masa ketika kebudayaan Korea berkembang dengan pesat serta Buddhisme menjadi agama negara. Kuil-kuil seperti Bulguksa adalah contoh betapa pesatnya kebudayaan Korea dalam pengaruh agama Buddha. Beberapa kuil yang indah dibangun seperti Kuil Hwangnyeong, Bunhwangsa, dan Sokkuram yang menjadi Situs Warisan Dunia (UNESCO). Masa ini juga menjapada masa damai ketika Korea menjalin hubungan baik dengan Dinasti Song Cina.

Silla mulai mengalami masa kericuhan politik tahun 789 yang membuat Silla jadi lemah. Sementara itu sisa-sisa Baekje mulai bangkit dan mendirikan Kerajaan Hubaekje (“Baekje Akhir”). [16]

Silla Bersatu hanya bertahan 267 tahun ketika rajanya yang terakhir, Raja Gyeongsun disingkirkan oleh Wanggeon yang mendirikan Dinasti Goryeo tahun 935. [18]

Balhae

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Balhae

Balhae didirikan di bagian utara di bekas wilayah Goguryeo oleh Dae Jo-yeong, mantan jenderal Goguryeo. Balhae menguasai wilayah paling utara dari semenanjung Korea, sebagian besar Manchuria dan wilayah Propinisi Maritim Rusia saat ini. Balhae menyebut kerajaan mereka sebagai penerus dari Goguryeo.

Dalam masa damai, Balhae mengembangkan kebudayaannya, terutama pada masa pemerintahan Raja Mun (sekitar 737-793). Kebudayaan Balhae dipengaruhi oleh Buddhisme sama seperti Silla dan Baekje. Kerajaan Balhae runtuh pada tahun 926 karena diserang oleh bangsa Khitan dari Dinasti Liao.

Tidak ada catatan sejarah dari Balhae yang tersisa. Goryeo menyerap sebagian teritori Balhae dan menerima pengungsinya, termasuk anggota kerajaannya. Dalam teks Samguk Sagi terdapat ringkasan mengenai Balhae, tetapi tidak menuliskan sejarah berdirinya. Sejarawan dari Dinasti Joseon abad 18, Yu Deukgong memasukkan Balhae ke dalam bagian sejarah Korea dan mulai menggunakan penyebutan Periode Negara Utara dan Selatan untuk masa berdirinya Balhae.

Tiga Kerajaan Akhir Korea

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Tiga Kerajaan Akhir Korea

Tiga Kerajaan Akhir (892-936) terbagi atas Silla, Hubaekje (Baekje Akhir) dan Taebong (juga dikenal dengan sebutan Hukoguryo atau Goguryeo Akhir). Wang Geon menumbangkan Hubaekje tahun 936 dan mengesahkan pemerintahan baru, yaitu Dinasti Goryeo.

 Goryeo

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Goryeo

Dinasti Goryeo didirikan tahun 918 dan sejak tahun 936 menggantikan Silla sebagai kerajaan yang memerintah Semenanjung Korea. Kata Goryeo adalah kependekan dari Goguryeo dan merupakan sebutan bagi orang asing yang merujuk ke Korea. Dinasti ini bertahan sampai tahun 1392.

Pada tahun 1231 bangsa Mongol memulai penyerangan terhadap Goryeo. Setelah peperangan yang melelahkan selama 25 tahun akhirnya Goryeo menandatangani perjanjian damai dengan Kerajaan Mongol. Maka dalam waktu 80 tahun Goryeo berada dalam bayang-bayang kekuasaan bangsa utara itu.

Pada tahun 1340-an Raja Gongmin memberontak terhadap kekuasaan Mongol dan secara cepat menyingkirkan mereka dari semenanjung Korea. Namun Koryo kini sedang menghadapi serangan dari bajak laut Jepang (Wokou) yang mulai mencapai Korea. Tahun 1392 seorang jenderal bernama Yi Seong-gye, memberontak dan mengakhiri kekuasaan dinasti ini.

Joseon

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dinasti Joseon

Tahun 1392 setelah Goryeo tumbang, Dinasti yang baru mulai didirikan oleh Jenderal Yi Seong-gye, yaitu Dinasti Joseon. Ia menamakan kerajaan ini sebagai Joseon untuk memberikan penghormatan terhadap Gojoseon, yang merupakan kerajaan pertama bangsa Korea. Yi seong gye memindahkan ibukota ke Hanseong dan membangun Gyeongbokgung serta mengesahkan Konfusianisme sebagai agama negara, yang akhirnya membuat para pendeta Buddha kehilangan kekayaan dan kemakmuran. Dinasti Joseon menikmati perkembangan yang sangat pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Contohnya adalah penemuan abjad Hangeul tahun 1443 oleh Raja Sejong. Dinasti Joseon adalah dinasti yang memiliki usia pemerintahan terpanjang di Asia Timur dalam milenium terakhir.

 Ekonomi

Joseon memiliki keadaan ekonomi yang stabil dalam masa-masa damainya, terutama pada masa pemerintahan Raja Sejong yang Agung. Walau demikian, ekonomi Joseon juga pernah menderita banyak kelesuan selain karena serangan-serangan Jepang tahun 1592-1598, juga karena terbongkarnya skandal korupsi internal, suap dan juga pengenaan pajak yang tinggi. Keadaan sosial masyarat

Dinasti Joseon menerapkan sistem kemasyarakatan yang ketat bagi rakyat yang sangat memengaruhi keadaan ekonomi. Raja adalah puncak dari pemerintahan, sementara Yangban (bangsawan) dan pejabat kantor kerajaan berada di bawahnya. Di bawah Yangban dan pejabat merupakan golongan tengah yang terdiri dari kaum pedagang dan pengrajin. Bagian terbesar dari sistem ini tentunya adalah rakyat jelata yang terdiri dari kaum petani dan budak. Kaum budak menempati posisi terbawah dan tidak membayar pajak pada pemerintah. Jumlah kaum ini pernah mencapai 30% dari populasi.

Invasi-invasi asing

Joseon menderita luka-luka berat pada saat masa Invasi Jepang ke Korea tahun 1592-1598, Invasi Dinasti Qing tahun 1627 dan 1636. Banyak fasilitas yang hancur dan rusak yang membuat perekonomian melemah.

Abad ke 19

Dalam abad ke 19, Korea mencoba mengontrol pengaruh asing dengan menutup semua perbatasannya untuk semua negara kecuali dengan Cina. Tahun 1853 sebuah kapal perang Amerika Serikat, USS South America, berlabuh di Busan selama 10 hari dan mengadakan kontak dengan pejabat-pejabat Korea. Beberapa orang Amerika pernah terdampar di Korea karena kapal mereka tenggelam pada tahun 1855 dan 1865, namun mendapat perlakuan yang baik dari orang Korea dan mereka dipulangkan ke negara asal lewat Cina. Walau demikian Choson tetap waspada terhadap pihak-pihak asing dan juga tetangga mereka, Dinasti Qing.

Invasi Perancis (1866)

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Invasi Perancis ke Korea tahun 1866

Invasi Perancis ini terjadi karena pihak Kerajaan yang melakukan pembantaian terhadap misionaris Katolik dari Perancis serta warga Korea yang masuk Kristen. Kejadian ini membuat pasukan Perancis melancarkan serangan pada musim gugur tahun 1866. Peperangan terjadi di Pulau Ganghwa di lepas pantai Incheon dan tentara Korea berhasil dikalahkan oleh pasukan Perancis yang memakai persenjataan modern.

Peristiwa tahun 1866-1895

 Kekaisaran Han Raya

Pada tahun 1897, Dinasti Joseon beralih menjadi Kekaisaran Han Raya dengan Kaisar Gojong sebagai pemimpinnya. Pada tanggal 25 Juli 1905 secara efektif Korea sudah berada dalam wilayah prektorat Jepang dengan paksaan tanpa adanya perjanjian dan persetujuan dari Raja Gojong.

Pada tahun 1910 Jepang secara efektif menduduki Korea dalam Perjanjian Aneksasi Jepang-Korea. Perjanjian ini dipakai oleh Jepang tanpa menghiraukan kemarahan rakyat Korea yang tidak menyetujui perjanjian yang tidak disahkan oleh Raja Gojong tersebut.

Korea diduduki Jepang dengan bentuk kepemimpinan Gubernur Jenderal Korea sampai tahun 1945 ketika Jepang menyerah kepada tentara sekutu.

Jaringan transportasi dan komunikasi dibangun di seluruh wilayah negeri oleh pemerintahan kolonial Jepang dan mengarah pada eksploitasi rakyat Korea. Hanya sedikit manfaat yang didapat rakyat Korea dari modernisasi ini, karena semua fasilitas hanya dibuat untuk melancarkan kepentingan dan perdagangan Jepang. Beberapa kejahatan penjajahan Jepang atas Korea:

  • Meruntuhkan Gyeongbokgung
  • Mengenakan pajak tinggi terhadap hasil pertanian serta mengekspornya ke Jepang yang menyebabkan bencana kelaparan bagi rakyat Korea.
  • Menyiksa dan membunuh warga yang menolak membayar pajak
  • Kerja paksa membangun jalan dan pertambangan
  • Perbudakan seks terhadap wanita Korea [20]
  • Mengirimkan pekerja ke teritori Jepang lain untuk kerja paksa

Spekulasi wafatnya Raja Gojong bulan Januari 1919 karena diracuni oleh mata-mata Jepang membuat rakyat melakukan aksi protes secara damai di seluruh negeri pada tanggal 1 Maret 1919, peristiwa ini disebut Pergerakan 1 Maret. Dalam peristiwa ini tentara dan polisi Jepang membunuh hampir 7000 orang Korea. [21]

Setidaknya 2 juta orang ikut ambil bagian dalam pergerakan ini (Jepang mengklaim kurang dari 500 ribu orang). Banyak warga Kristen Korea juga terbunuh oleh tentara Jepang, termasuk sebuah desa bernama Jeamri yang seluruh penduduknya dibinasakan oleh Jepang karena mendukung perjuangan kemerdekaan. Pergerakan 1 Maret ini telah menginspirasi pidato Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson yang mendeklarasikan kebebasan hak asasi manusia.

Pemerintahan Provisional Republik Korea diresmikan di Shanghai, Cina setelah terjadinya Pergerakan 1 Maret untuk memperjuangkan kemerdekaan Korea. Pemerintahan provisional dianggap sebagai pemerintahan de jure dari rakyat Korea dari tahun 1919 sampai 1948.

Sentimen anti Jepang di Korea terus mencuat, seperti pada peristiwa protes mahasiswa di seluruh Korea pada bulan November 1929 yang membuat pengetatan peraturan militer tahun 1931. Kurikulum sekolah dimodifikasi untuk menghilangkan pengajaran dalam bahasa Korea. Sekolah juga dilarang untuk mengajarkan murid-muridnya mengenai sejarah Korea. Orang Korea dipaksa untuk mengadopsi nama orang Jepang [22] Dalam perang dunia ke II, banyak pula warga Korea yang dipaksa untuk menyokong usaha perang tentara Jepang [23]

Pemecahan Korea

Pembagian Korea menjadi Korea Utara dan Korea Selatan bermula sejak kemenangan Blok Sekutu di dalam Perang Dunia II, mengakhiri 35 tahun Penjajahan Jepang atas Korea. Di dalam sebuah proposal yang ditolak oleh hampir seluruh bangsa Korea, Amerika Serikat dan Uni Soviet setuju untuk sementara menduduki negara Korea sebagai wilayah perwalian dengan zona pengawasan yang didemarkasi pada sepanjang 38 derajat lintang utara. Tujuan perwalian ini adalah untuk mendirikan pemerintah sementara Korea yang akan menjadi “bebas dan merdeka pada waktunya.”[24] Meskipun pemilihan umum dijadwalkan, dua adidaya mendukung dari belakang para pemimpin yang berseberangan dan dua negara itu secara efektif telah didirikan, masing-masing mengakui kedaulatan atas seluruh Semenanjung Korea.

Adat dan Kebiasaan Masyarakat Korea

Sebelum menjadi seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan, Alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui adat dan kebiasaan orang di Korea Selatan.

Dengan mengetahui adat kebiasaan tersebut, maka Anda akan lebih mudah beradaptasi terutama pada tahap awal kedatangan Anda di sana.

Inilah beberapa kebiasaan masyarakat Korea Selatan :

• Waktu pertama datang, biasanya disuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada TKI (Welcome Drink). Untuk menghadapinya, TKI bisa menerima dahulu minuman ntersebut baru kemudian diletakan dan kemudian minta minuman ringan lainnya. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea baik untuk pria maupun wanita.

• Orang Korea bertemperamen tinggi, kasar sehingga untuk mendisiplinkan orang asing sering dengan bicara yang sangat keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang atau mendorong kepala TKI dimana hal tersebut dianggap hal biasa.

• Makanan yang disantap orang Korea umumnya banyak yang mengandung Babi.

• Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rejeki tidak akan masuk atau menjauhkan dari rejeki.

• Korea adalah negara yang sangat beretiket, oleh karenanya sopan santun antara atasan dan bawahan sangat perlu dijaga.

• Dalam berhadapan dengan pimpinan dan orang yang dihormati, saat pertama kali bertemu harus memberikan salam dengan baik sambil menunduk 45 derajat.

• Dalam menerima atau menyerahkan sesuatu harus selalu dengan dua tangan.

• Selalu mengucapkan terima kasih sewaktu menerima sesuatu atau bantuan.

• Selalu membiasakan diri memberi salam, selamat datang, selamat tinggal, selamat bekerja.

• Tidak merokok di bus, mobil, subway, taksi, di tempat bekerja, di depan orang tua dan di tempat dilarang merokok lainnya.

• Meminta maaf ketika salah tanpa harus memperbanyak alasan.

• Mengakui kesalahan dengan sportif.

• Membiasakan antri dan tidak bergerombol apalagi berisik.

• Merupakan hal yang biasa bagi orang Korea menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun.

• Selesai marah atau dimarahi, orangKorea tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga.

• Saling membantu antara yunior dan senior.

• Sewaktu makan jangan mengeluarkan suara yang keras yang bisamengganggu orang lain dan tidak boleh menggunakan tangan, tetapi harus dengan sumpit atau sendok makan.

• Orang Korea sudah terbiasa dengan minum-minuman keras sebagai pelepas stress, membina persahabatan dan untuk kesehatan.

• Sebagian besar masyarakat Korea mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi di antara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat.

• Untuk menghilangkan stress dan penat mereka juga biasa pergi ke Cafe atau bar untuk minum.

• Masyarakat Korea mempunyai sikap disiplin yang tinggi dan rajin bekerja.

• Orang Korea terbiasa taat pada atasan, sigap, cepat dan menunjukkan kerja yang baik.

Popularity: 9% [?]
* Mereka itu kalo lagi kesakitan atau kesemutan demen banget jilat jari terus disentuhin ke hidung

* Kebiasaan gendong orang mabuk ( habis disana ga ada bajaj sih.. jadi ya di gendong, naik taxi kan mahal.. banyakan sih mereka naik bus, tapi bus kan ga berhenti pas di depan rumah.. ya harus jalan, jadi orang mbknya di gendong.. kalo cari taxi juga kan ga bisa nyetop sembarangan kayak di Indonesia begini…)

* Kebiasaan makan mi langsung dari panci (ke praktisan.. kebanyakan panci yang dipake adalah panci kuningan, which is lebih mudah dingin.. btw, mi korea itu enak banget loh.. lagian byar gax nyuci pirik 2X, panci + piringnya…dan katanya sih kalo makan lansung bersama dari panci akan terasa kekeluargaanya (apa coba)

* Kebiasaan makan mi bunyi “slurps” (inilah membuat aq kadang2 sebel nonton film korea adalah ketika adegan makan..ampon dah..membuat lapar mulu..liat mereka makan dengan napsunya..aduh engga nahan deh )

* Kebiasaan punya meja panjang ( kayaknya mereka itu respek banget sama pemandangan malam, seringkan ada adegan tiduran malam2 di musim panas dimeja itu sambil lihat bintang.. owww so sweetzz ( jadi pengen punya meja gituan dech )

* Kebiasaan ngomong aigo ( mirip dengan orang chinese kalo ngomong aiyo atau aiya… mirip kita ngomong dengan akhiran “deh, kan, sih”

* kebiasaan pegang telinga habis pegang panci panas (katanya sih telinga itu merupakan organ tubuh yang paling stabil suhunya..)

* Kebiasaan mukul kepala (mukul kepala adalah hal yang lumrah di korea..denger2 sih kalo ortu disana dengen gebuk kepala anaknya biar pinter..apa coba adanya juga anaknya stress digituin..)

* Kebiasaan sopan sama pembeli or pelanggan ( ako paling suka kebiasaan ini, jarang ada di Indonesia, hanya dengan beli es krim Korea seharga 10 ribu, dia bilang hati2 dijalan.. baik sekali ya… coba semua pedagang seperti itu)

* Orang2 korea kalau makan pasti penuh banget dimulutnya ampe kesedek liatnya apalagi kalo mereka sambil ngomong pasti tuh mulut sampe monyong2..haha..yang lbh parah lagi kalo sambil marah..tuh makanan semua muncrat2 kasian banget orang yang di marahin..)

* Kebiasaan gosok gigi (ako masukin ini sebagin kebiasaan mereka..karna dalam setiap film ato drama selalu ada adegan gosok gig..yah yg sambil ngomong ,nyanyi apalah segala macam..)

* Kebiasaan kalo lagi kesal ngomongnya ditekankan pada satu kata, kesannya seperti orang pengen meludah.. mungkin karena kesal banget jadi pengen ngeludah ya…(ako pernah iseng nyobain kyk gini yg hasilnya ako kesedek sampe batuk2)

* Kuat banget makan dan mabuk (tidak usah diragukan)

* Kalau matiin HP batrenya langsung dicopot (denger2 HP disana engga ada tombol REJECT jadi cara tercepat adalah dengan mencopot batre)

* Suka banget kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib (mungkin karna pemandangan disana enak kali ya)

* Jarang mandi kalo lagi musim dingin (not sure about this..tp bisa aja secara korea kalo musim dingin..dingin banget boo)

* Suka banget mecahin telor pake kepala (kagak jelas maksudnya apa tp yg pasti patut untuk dicoba)

* Suka makan BAWANG PUTIH (dipercaya dapat menetralkan darah..biar engga darah tinggi gitu)

* Kebiasaan makan yang panas2 (dengan ini banyak orang korea yang bhkan belum berumur 40 harus memakai gigi palsu karna gigi aslinya hancur)

* Kebanyakan co korea tuh lebih perasa , romantis ,penyabar dan rapuh hatinya (?) daripada ce nya..(beda banget sama di indonesia)

* Sumpit harus stanless steel gag boleh yang lain (ada sejarahnya mengpa mereka hanya mau menggunakan sumpit yang seperti itu

Kebiasaan Buruk Orang Korea

* Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya.. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki dan perempuan.( karena ako bukan peminum, jdi menurutku Itu hal yang buruk … Bila kita menghadapinya, sebaiknya kita menerima dulu minuman tersebut baru kemudian diletakkan lagi dan kemudian minta minuman ringan lainnya ( itu sekedar tips saja.. hehehehe )

* Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yg menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa

* Makanan yang disantap orang Korea Selatan umumnya banyak mengandung Babi, anjing juga bnyak…

* Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rezeki tidak akan masuk / menjauhkan dari rezeki …

* Korea Selatan menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun (kadang belum tau salahnya apa jg sudah main bentak dulu, ini yg bikin kesel sama orang korea) Selesai marah atau dimarahi, tapi orang Korea Selatan tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga.

* Sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat Untuk menghilangkan stress dan penat …

* Budaya Operasi plastik yang dilakukan oleh orang2 dikorea… Di korea 75% Warganya telah melakukan operasi plastic ( Padahal menurutku, tampang2 mereka sudah oke2 kok ditambah lagi warna kulitnya bagus)

* Warga Korea selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di Dunia Whatt the?? 81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya makanya banyak banget warga korea yang demen BUNDIR (Bunuh Diri) karena kehidupan korea yang keras…

Fakta tentang Korea Selatan

Posted on 15 januari 2912 oleh anha

1. Orang Korea suka makan bawang putih karna dipercaya dapat menetralkan darah..
2. Orang korea jarang makan dengan tangan karna dianggap kurang sopan.
3. Sekarang di Korea tidak ada ujian penentuan kelulusan untuk pelajar. Di Korea, 2 minggu sebelum ujian, perpustakaan penuh oleh para pelajar yang ingin belajar.
4. Di Korea, Jika dosen terlambat walau hanya 2 menit, maka dosen akan segera meminta maaf kepada mahasiswanya.
5. Semua mahasiswa korea diwajibkan untuk cuti selama 1 semester atau lebih selama menjadi mahasiswa.
6. Di Korea, Kimchi dipercaya dapat menambah selera makan
• Kimchi dapat mencegah kanker.
• Kimchi banyak dibuat dari sawi putih dan lobak
• Kimchi memiliki kadar serat tinggi namun rendah kalori
• Kimchi masuk kedalam 5 makanan tersehat di dunia versi Majalah Health Magazine.
7. Saat berfoto, orang korea lebih suka mengatakan ‘kimchi’ daripada ‘cheese’.
8. Di Korea, search engine Google dan Yahoo kurang begitu populer.
9. Orang Korea lebih suka search engine lokal seperti Daum http://www.daum.net/.
10. Bahasa gaul remaja korea lebih cenderung berbentuk singkatan seperti Amigo, salah satu judul lagu SHINee.
11. Amigo adalah singkatan dari: Areumdaun Minyeorueljoahamyeon Gosaenghanda (Hati Jadi Sakit Ketika Kamu Jatuh Cinta Dengan Si Cantik).
12. Di Korea ada hantu nakal yang disebut Dokkaebi, sejenis tuyul. Mempunyai satu tanduk di kepalanya dan selalu membawa tongkat ajaib.
13. Orang Korea suka makan mie di panci karna kalau dipindah ke tempat lain berasa kurang panas dan itu sudah jadi kebiasaan.
14. Orang Korea dibebaskan untuk memilih agama masing-masing. Bahkan orang korea juga boleh untuk tidak memiliki/menganut agama apapun. Jumlah penduduk korea selatan yang belum/tidak memiliki agama sekitar 46,5%.
15. Orang Korea biasanya makan dengan duduk dibantal (tanpa kursi) pada meja yang rendah dengan posisi kaki menyila.
16. Hallyu atau Korean Wave adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea di berbagai negara di dunia.
17. Perusahaan TV Korea mengeluarkan biaya besar untuk memproduksi drama & beberapa diantaranya yang sukses diekspor ke luar negeri.
18. Marga Kim adalah marga yang paling banyak dipakai di Korea.
19. Bahasa Korea diakui sebagai bhsa paling logis di dunia karena konsonan & vokal mudah dibedakan. Terutama konsonan menunjuk lokasi bibir, mulut & lidah.
20. Rain adalah penyanyi korea pertama yang mengadakan konser internasional di Madison Square Garden.
21. Di Korea Selatan ada EBS (Educational Broadcasting System) untuk membantu siswa belajar. Seperti TVE di Indonesia.
22. Lokasi syuting serial/film Korea kebanyakan mengambil tempat-tempat wisata di korea sekaligus untuk mempromosikannya.
23. Pemilihan soundtrack untuk serial/film korea sangat penting, bahkan semua pihak ikut terlibat untuk menentukan apakah layak/tidak.
24. Banyak serial/film korea yang meng-adaptasi komik/novel dan sangat sukses.
25. Serial korea banyak digemari karna jalan cerita yang fokus dan jumlah episode yang tidak terlalu banyak.
26. Saat ujian akhir di korea banyak keluarga yang menyemangati anaknya agar bisa lulus dengan baik.
27. 76% wanita korea berumur 20-30tahun sudah melakukan operasi plastic.
28. 25% ibu-ibu di korea menyuruh anaknya yang masih berumur 12-16 tahun untuk operasi plastic.
29. 95% orang korea yang punya lipatan di kelopak mata adalah hasil operasi plastik semua.
30. Di Korea Selatan ada 1200 ahli bedah plastik, namun jumlah itu dianggap masih kurang banyak.
31. Rata-rata orang korea menghabiskan 30% penghasilannya untuk operasi plastic
32. Dalam sebuah jajak pendapat, 70% pria juga menginginkan operasi plastic.
33. Wanita korea banyak yang mengubah mata mereka menjadi lebih besar dengan operasi plastic.
34. Operasi plastik adalah hal yang wajar di korea, jadi bukan masalah jika banyak artis yang melakukan operasi plastic.
35. Wanita korea yang operasi plastik paling banyak menginginkan wajah seperti Song Hye Gyo.
36. Biaya operasi plastik di korea lebih murah 50% dibanding Jepang.
37. 40% pengunjung klinik operasi plastik adalah pria.
38. Rata-rata pria korea mengoperasi bagian mata agar menjadi lebih besar. Ada juga pria korea yang operasi plastik untuk mengecilkan payudaranya.
39. Berdasarkan survei, pria korea yang melakukan operasi plastik rata-rata ingin mukanya seperti Jang Dong Gun.
40. Batas remaja korea yang melakukan operasi plastik diatas 14 tahun.
41. Remaja di korea lebih suka hadiah ulang tahun berupa operasi plastik ketimbang mobil/sejenisnya.
42. Selain disebut sebagai Negeri Ginseng, Korea juga disebut sebagai Republic of Plastic Surgery.
43. Negara yang ingin menyaingi korea dalam hal operasi plastik adalah Thailand. Bahkan thailand membuat wisata sambil operasi plastic.
44. Korea Selatan adalah negara yang paling maju dan inovatif untuk urusan bedah plastic.
45. Di Majalah Korea banyak iklan tentang operasi plastik dan itu adalah hal yang biasa.
46. 50% wanita berumur 20tahun di Korea Selatan pernah menjalani operasi plastic. Saat liburan panjang sekolah biasanya banyak pelajar korea yang melakukan operasi plastic.
47. Orang korea jarang mempermasalahkan apakah idolanya melakukan operasi plastik atau tidak.
48. Tempat operasi plastik sangat gampang ditemukan di Korea Selatan.
49. Artis korea melakukan operasi plastik adalah hal yang wajar dan biasa saja di korea.
50. Banyak orang tua di korea yang menyuruh anaknya untuk operasi plastic.
51. Pohon pinus adalah pohon cinta bagi orang Korea karena mengandung filosofi cinta yang kokoh, lurus dan tak pernah berakhir.
52. Pulau Nami adalah pulau buatan yang dijadikan lokasi syuting serial korea terkenal Winter Sonata.
53. Untuk mengelilingi Pulau Nami hanya dibutuhkan waktu 2 jam dengan berjalan kaki.
54. Banyak serial korea yang melibatkan pohon pinus.
55. Kunjungan ke Museum Teddy Bear di Korea meningkat setelah adanya serial Goong/Princess Hours.
56. Kantin di serial BBF sebenarnya berbeda tempat dengan sekolah itu sendiri.
57. Beradel Equestrian Club adalah tempat dimana Ji Hoo dan Jan Di berkuda bareng.
58. Serial/Drama Korea yang sering melibatkan pohon pinus adalah Winter Sonata, My Sassy Girl, Letter dll.
59. Rata-rata artis korea bunuh diri dengan cara menggantung dirinya.
60. Pemerintah Korea membuka kantor konsultasi untuk pengidap depresi agar dapat mengurangi tren bunuh diri.
61. Artis korea tidak terlalu jaim ketimbang artis lokal di sini.
62. Salah satu penyebab bunuh diri di korea adalah faktor ekonomi juga, Banyak pelajar korea yang stress dan akhirnya bunuh diri karena jam belajar di korea terlalu panjang.
63. Bunuh diri merupakan penyebab kematian pertama bagi pria korea antara usia 18 – 35 tahun.
64. Ada situs bunuh diri di korea, dimana pengunjungnya chatting dan bertemu untuk bunuh diri bersama.
65. Banyak juga remaja korea yang depresi mengikuti idolanya untuk bunuh diri sebagai jalan keluar.
66. Beberapa cara bunuh diri di korea adalah melakukan perjanjian di internet kemudian bertemu untuk bunuh diri bersama.
67. Sekitar 36 orang korea bunuh diri setiap harinya dan penyebabnya kebanyakan depresi.
68. Pemerintah korea banyak menutup kurang lebih 250 situs untuk perjanjian bunuh diri pada tahun ini.
69. Orang korea jika berbuat salah akan segera mengakuinya dengan cepat dan jujur.
70. Orang korea suka meminum kopi luwak dari Indonesia.
71. Ada jenis cumi-cumi yang dimakan hidup-hidup oleh orang Korea. Kita masih bisa merasakan tentakelnya bergerak-gerak dimulut kita.
72. Agar terkesan sopan, orang Korea menyebut ‘Istri’, ‘Anak’, ‘Rumah’, dengan akhiran kata ‘Kami’.Cth: ‘Istri kami sedang tidur’.
73. Siswa di korea tidak ada yang merokok karna apabila ketahuan akan langsung dikeluarkan.
74. Di korea rata-rata handphone tidak menggunakan sim-card melainkan CDMA.
75. Orang korea jarang menggunakan gula sebagai pemanis makanan/minuman.
76. SMK di korea tidak ada Ujian Nasional karena lebih berfokus kepada kemampuan produktif/keahlian.
77. Orang korea lebih cinta produk dalam negeri dan jarang membeli produk luar negeri.
78. Suneung atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Korea dilaksanakan pada tanggal 13 November dan merupakan momen unik.
79. Suneung sangat ditunggu para pelajar kelas 3 SMA di korea karena pada hari itu mereka mati-matian untuk mengerjakan soal tes.
80. Keluarga biasanya mengantarkan siswa yang mengikuti Suneung dengan membawa spanduk sebagai penyemangat.
81. Pelajar kelas 3 SMA di korea sudah dibebaskan tugas rumah dan hanya disuruh konsen belajar untuk Suneung.
82. Saat suneung apabila lokasi ujian dekat bandara/stasiun maka bandara/stasiun itu harus ditutup selama ujian.
83. Saudara dan keluarga juga banyak memberikan hadiah ke pelajar sebelum mengikuti Suneung.
84. Hadiah yang biasa diberikan ke pelajar saat Suneung adalah garpu, cermin, tisu toilet.
85. Dikasih garpu karna garpu=tusukan dan dianggap semoga tepat mengenai sasaran(jawaban).
86. Adek kelas juga ikut menyemangati kakak kelasnya dari luar sekolah dengan yel-yel dan cheerleader.
87. Peserta ujian juga ada pantangan untuk makan sup rumput laut dikarenakan licin. Dan licin sama artinya dengan jatoh dan gagal.
88. Bersendawa setelah makan wajar bagi orang korea karna dimaknai sebagai bentuk apresiasi ke juru masak.
89. Orang korea memiliki sikap disiplin yang tinggi.
90. Orang korea suka ngomong aigoo.
91. Orang korea lebih sering bilang saranghae ke temen deket daripada pacar.
92. Banyak siswa/i korea yang bunuh diri gara-gara gagal masuk universitas
Sekitar 200 siswa/i korea per-tahun bunuh diri hanya gara-gara gagal masuk universitas.
93. Ada beberapa sekolah di korea yang jam belajar-nya 15jam per hari.
94. Orang korea jarang mandi kalo lagi musim dingin.
95. Orang korea suka makan mie dengan mengeluarkan bunyi slurrrp..
96. Kebanyakan makanan korea mengandung babi.
97. Warga Korea Selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di dunia karena kerasnya kehidupan di sana sehingga banyak yang mati bunuh diri.
98. Orang korea biasa makan yang panas-panas.
99. Kebanyakan cowok korea lebih perasa, romantis dan penyabar ketimbang ceweknya.
100. Orang korea jarang menyimpan dendam dihati.
101. Kalo orang korea putus cinta yang patah hati biasanya cowok karna cowok korea lebih perasa.
102. Cewek minum-minum adalah hal yang wajar di korea.
103. 81% penduduk korea stress setiap harinya, negara dengan tingkatan orang stress yang paling tinggi di dunia adalah korea.
104. Orang korea sudah terbiasa dengan antri dan tidak berisik.
105. Sebagian orang korea jarang makan di kamar, karna dianggap menjauhkan diri dari rejeki.
106. Orang korea paling banyak menganut agama Buddha.
107. Anak-anak perempuan di korea biasanya mainan gongginori. Mirip dengan bola bekel kalo di Indonesia.
108. Gom se ma ri adalah lagu anak dari korea. Pernah dinyanyikan Song Hye Gyo dan Rain waktu main di serial Full House.
109. Di korea ada museum kimchi.
110. Pulau jeju adalah pulau wisata paling terkenal di korea dan sering dijadikan tempat pembuatan serial korea, seperti BBF, Dae Jang Geum dll.
111. Tidak ada masa orientasi siswa pada saat remaja korea mulai masuk SMP/SMA
112. The garden of morning calm adalah taman tempat syuting serial YAB pas go mi nam pake baju perempuan di rumah kaca.

Tempat-Tempat Wisata Di Korea

1.Lotte World :

Lotte World adalah seperti sebuah kota kecil dengan sebuah taman hiburan, folk museum, pusat olahraga (termasuk arena skating dan kolam renang / taman air slide), pusat perbelanjaan, dan hotel. Kebanyakan fasilitas berada di dalam ruangan, sehingga mereka dapat dinikmati sepanjang tahun. Daerah pusat terbuka, sehingga beberapa tingkatan orang dapat menonton orang lain es skating, menikmati perjalanan, makan, dan berbelanja.

Amusement park

Lotte World Adventure tagihan nya sebagai taman hiburan terbesar di dunia taman indoor.Dibuka pada tahun 1989, dirancang oleh beberapa dunia yang paling bergengsi desainer taman hiburan. Taman telah rides untuk semua orang dalam keluarga, mulai dari naik trem tenang untuk menggairahkan roller coaster. Selain naik, taman memiliki beberapa menunjukkan setiap hari dan berkostum karakter yang berkeliaran di sekitar. Operating hours: 9: 30 a.m. untuk 11:00 (Buka 365 hari setahun, juga di malam hari.)

Folk Museum

The Lotte World Folk Museum memberikan pengalaman yang sangat baik Korea sejarah dan budaya melalui miniatur dan kehidupan sehari-hari ukuran representasi dan acara khusus.Museum menyediakan beragam program budaya untuk anak-anak dan remaja, kinerja kegiatan bersama dengan pameran khusus dan terus-menerus menambah fitur baru dan menunjukkan khusus untuk menghindari stagnasi. Museum ini memiliki beberapa daerah melihat (Historical Exhibition Hall, Miniatur Desa) dan partisipasi pemirsa daerah (Performance Hall, Pasar tradisional Korea). Pernikahan tradisional pengunjung plaza menawarkan kemampuan memiliki gaya pernikahan tradisional Korea.

(Untuk informasi lebih gambar dan detail, silakan lihat Miniature Village.)

Sports Center

Anda dapat menikmati olahraga, rekreasi, dan budaya dengan kolam renang, arena ice skating, bowling, pusat olahraga, pusat perbelanjaan, galeri seni, dan kompleks bioskop. yang Lotte World Health Club menawarkan kerja terbaru-out peralatan. Ini adalah klub swasta di mana anggota yang dapat keringat jauh stres. Sports Center memiliki kolam renang, tenis meja meja, sebuah pusat latihan, boling, klinik kesehatan, jogging track, indoor range golf, dan lapangan tenis. Juga terletak di tempat adalah toko tukang cukur, salon rambut, sauna, dan tempat istirahat.

Department Store and Hotel

Lotte Department Store Korea adalah salah satu department store terkemuka. Pusat perbelanjaan dengan puluhan toko-toko khusus kecil mengelilingi yang besar, terbuka area sentral yang memiliki makanan besar pengadilan. Tabel tersebut diatur di sekitar area terbuka sehingga orang dapat menonton es skaters sementara mereka makan. Bahkan memiliki besar toko bebas bea untuk orang asing.

Jam:09:30 ~ 23:00 (buka malam sepanjang tahun)
Buka malam – 17:00 ~ 23:00
Admission:

Dewasa(termasuk mahasiswa) Generasi Muda
(13 – 18 tahun)
Anak-anak
Siang Malam Siang Malam Siang Malam
Penerimaan-termasuk
penerimaan dan pertunjukan
24,000 won 20,000 won 21,000 won 17,000 won 18,000 won 15,000 won
Pengguna Tiket Terbatas 30,000 won 26,000 won 26,000 won 22,000 won 23,000 won 20,000 won
Penggunaan fasilitas total
tiket – tiket penggunaan tak terbatas
setelah masuk kinerja
15,000 won 13,000 won 14,000 won 10,000 won 13,000 won 9,000 won

Directions: Subway line 2, Jamsil Station, exit 4

2. Itaewon :

Itaewon adalah sebuah permukiman (dong) yang terletak di distrik Yongsan-gu, kota SeoulKorea Selatan. Sekitar 22 ribu orang tinggal di Itaewon.

Itaewon sangat terkenal bagi kalangan turis dan personel tentara AS yang bertugas di Korea Selatan. Terdapat banyak restoran mancanegara yang dibuka oleh imigran asing di Itaewon seperti dari IndiaThailandTimur Tengah dan Mexico. Di Itaewon juga terdapat Masjid Pusat Seoul, masjid terbesar di Korea Selatan.

3. Apgujeong-dong Street :

Beverly Hills-nya Korea dan fashion center! Mungkin salahsatu yang terbaik di dunia. Tempat lainnya adalah Myung-Dong Street.

4. Istana Gyeongbok :

Istana Gyeongbok aslinya didirikan tahun 1394 oleh Jeong do jeon, seorang arsitek. Istana ini hancur pada saat invasi Jepang ke Korea tahun 15921598 dan dibangun lagi selama tahun 1860-an dengan 330 buah komplek bangunan dengan 5.792 kamar. Berdiri di wilayah seluas 410.000 meter persegi, Istana Gyeongbok adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Setelah pembunuhan Maharani Myeongseong oleh mata-mata Jepang di tahun 1895Raja Gojong meninggalkan istana ini bersama anggota keluarganya yang lain dan tidak akan pernah kembali.

Pada tahun 1911, pemerintahan Jepang yang sedang menjajah Korea menghancurkan semua bangunannya kecuali 10 bangunan utama, dan membangun Bangunan Pemerintahan Utama Jepang untuk gubernur jenderal Korea di depan Ruangan Tahta.

Bangunan utama dari Istana Gyeongbok termasuk Geunjeongjeon, Ruangan Tahta Raja (yang merupakan harta nasional Korea Selatan nomor 223) dan Paviliun Gyeonghoeru (harta nasional nomor 224) yang memiliki kolam bunga teratai dan bertiangkan 48 buah tonggak granit.

Istana Gyeongbok saat ini dibuka untuk umum dan Museum Nasional Rakyat Korea (National Folk Museum of Korea) berdiri di dalamnya.

5. Changdeokgung :

Changdeokgung (Istana Changdeok) adalah kompleks istana Dinasti Joseon di SeoulKorea Selatan. Istana Changdeok adalah salah satu dari Lima Istana Besar yang dibangun sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan. Istana Changdeok terletak di sebelah timur Gyeongbokgungsehingga sering disebut dengan Donggung atau Istana Timur. Makna dari Changdeokgung (昌德宮) adalah Istana Kemakmuran

Changdeokgung pernah didiami banyak raja Dinasti Joseon dan mewarisi elemen-elemen dari masa Tiga Kerajaan yang tidak dimasukkan dalam pembangunan arsitektur Gyeongbokgung. Salah satu elemen tersebut adalah menyatunya Istana Changdeok dengan topografi alam sehingga terlihat sangat harmonis.

6. Kimchi Museum :

Di Korea, kata Hwang Moo, kimchi sebagai salah satu masakan tradisional kebanggaan Korea. Warga Korea mengenal kimchi dengan sebutan “banchan“. Kuliner yang kaya bumbu ini disajikan berbarengan dengan nasi putih dan lauk utama. Fungsinya tergolong unik, yakni sebagai “teman masakan utama”. Sebab Kimchi bisa menetralisir rasa makanan utama yang dominan atau justru memperkaya rasa menu utama yang tawar.

Saat ini, kata Hwang Moo, kimchi merupakan menu harian penduduk Korea. Makanan itu melengkapi cita rasa sajian utama Korea, seperti bibimbap dan bulgogi. Kimchi telah menjadi bagian budaya kuliner yang dinikmati oleh seluruh masyarakat Korea.

“Kimchi adalah makanan sehari-hari yang disajikan di rumah, jadi anak muda Korea juga menikmati Kimchi sebagai makanan sehari- hari,” kata Hwang Moo.

Masyarakat Korea menikmati kimchi dalam beberapa jenis antara lain tongbaechu kimchi (kimchi kol putih), chonggak kimchi (kimchi lobak putih), kimchi daun wijen, dongchimi (kimchi buah bit), kimchi bawang, oisobagi kimchi (kimchi mentimun), dan nabak kimchi (kimchi kol dan buah bit).

7. 63 Buildings :

63 Bangunan, secara resmi 63 Kota, merupakan sebuah pencakar langit landmark di pulau Yeouido, yang menghadap ke Sungai Han di Seoul, Korea Selatan. Di 249 meter (817 kaki) tinggi, itu bangunan tertinggi di dunia di luar Amerika Utara dan Asia bangunan tertinggi ketika menyelesaikan pembangunan pada tahun 1985, siap untuk Olimpiade 1988. Ia menjabat sebagai bangunan Korea Selatan tertinggi sampai Hyperion Tower melampaui itu pada tahun 2003 dan tetap tertinggi bangunan komersial Korea Selatan sampai Asia Timur Laut Perdagangan Tower topped-out pada tahun 2009. [1] Bangunan 63 adalah sebuah tengara ikonik dari Miracle di Han Sungai, melambangkan prestasi cepat ekonomi nasional pada akhir abad ke-20. 63 mengacu pada 63 gedung cerita resmi, yang 60 di atas permukaan tanah dan 3 lantai basement. pencakar langit adalah kantor pusat Korea Life Insurance, Industrial Bank of Korea Securities, dan perusahaan keuangan utama lainnya.

8. Namdaemun (The Great South Gate) & Pasar Namdaemun :

Gerbang raksasa Namdaemun adalah salahsatu pusat tujuan wisata Korea. Dan pasar Namdaemun (di dekat Gerbang), adalah surga belanja dan pusatnya barang-barang suvenir Korea yang murah. Ada lebih dari 1000 toko disana. Jangan lupa nawar, boleh kok .

9. Pulau Jeju:

Pulau Jeju adalah pulau wisata paling terkenal di Korea, bahkan orang Korea menyebut dengan istilah “Pulau Bali“-nya Korea. Di Pulau tersebut terdapat Gunung Halla, yaitu gunung tertinggi di Korea Selatan. Pulau Jeju merupakan wilayah yang paling hangat dan pada musim dingin sangat jarang turun salju, sehingga tanaman-tanaman yang biasanya tumbuh di daerah subtropis bisa bertahan hidup.

10. National Folk Museum :

Di bagian depan terdapat gerbang masuk ke Area ini, bebrbentuk seperti Benteng, begitu masuk ada halaman luas, dengan taman2 yang dipenuhi pohon dan bunga berwarna warni. Pada bagian ini, pertama kali disuguhkan patung2 dari batu, yang semuanya berasal dari jaman baheula.

Dgn Latar belakang seperti bangunan dengan 5 undakan. Ini adalah gerbang kedua sebelum masuk kedalam Musium. Setelah masuk pada gerbang kedua ini, dibagian depan ada Room Demo, yang menampilkan obat2an, rempah2, pakaian tani, dan perlengkapan tani yang dipakai Bangsa korea di jamn dulu, setiap stand menampilkan masing2 ke-khasannya.

Baru seteklah itu kita masuk ke Gedung utama museum, yang menampilkan Kebudayaan, mulai dari Kehidupan petani, kerjaan, pakaian, peti mati orang korea yang sangat megah, yang katanya hanya bisa dilakukan oleh orang2 mampu atau anggota kerajaan.

Penataan Museum ini luar biasa, semua ada simulasi dan demonstrasi, yang dibuat dgn film dokumenter dan suara rekaman langsung yang bisa kita dengar.

11. Blue House – Istana Presiden :

Aslinya gambar ini, berada di depan Istana presiden jadi bukan istana presidennya, namun lingkungan Istana sangat indah didepan sini, yang depannya ada istana, taman dnegan bunga warna warni…. yang jelas memang selain udara mendukung, dgn suhu sejuk sekitar 6 – 14 derajat Celcius, jadi benar2 menikmati jalandi lingkungan istana ini…

12. Cheonggyecheon Stream Park :

Cheonggyecheon (Hangul: Cheonggyecheon) adalah, hampir 6 km panjang modern rekreasi ruang publik di pusat kota Seoul, Korea Selatan. Proyek pembaharuan kota besar adalah di situs sungai yang mengalir sebelum pembangunan pasca perang-cepat ekonomi yang dibutuhkan untuk dilindungi oleh infrastruktur transportasi. Proyek $ 900 juta pada awalnya menarik banyak kritik publik, tapi setelah pembukaan pada tahun 2005 telah menjadi populer di kalangan penduduk kota dan wisatawan.

13. Namsan Traditional Village:

Namsangol Hanok Village, juga dikenal sebagai “Sebuah Desa Rumah Tradisional di Lembah Namsan”, adalah sebuah desa Korea terletak di daerah lingkungan Pil-dong di Jung-gu, distrik pusat kota Seoul, Korea Selatan di mana hanok (Hanok) atau rumah-rumah tradisional Korea yang telah dipugar untuk menjaga suasana asli daerah. [1]
The Namsangol Hanok Village menawarkan satu kesempatan untuk mengalami sebuah salib lebar bagian rakyat Joseon era dan kegiatan, dari royalti kepada rakyat jelata. Sebuah usaha besar telah dilakukan untuk secara akurat memberikan masing-masing dengan era tinggal janji yang tepat dan status sosial. [2]
Gaya taman tradisional Korea, lengkap dengan sungai yang mengalir dan paviliun dibangun di situs dalam rangka untuk menghidupkan kembali merasakan klasik era-Joseon. Lima rumah tradisional, termasuk beberapa tempat tinggal para pejabat tinggi – beberapa rumah mewah terbesar di Seoul pada waktu itu, bersama dengan rumah-rumah rakyat biasa dipindahkan ke 7.934 meter persegi / 9.489 sq Yar dasar yang berisi desa dipulihkan.

14. National Ginseng Center :

Disini dijual semua produk Ginseng, emang mahal banget deh……satu set Ginseng terbaik….harganya 400.000 won, atau setara dgn 4 Jt, Weeks…….
kita beli juga siih, tapi ginseng versi mungil..haha….biar bisa beli banyak…

15. Seoul Worldcup Stadium :

Seoul Stadion Piala Dunia, juga dikenal sebagai Stadion Sangam, terletak di Seongsan, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan dan telah pulang dari klub K-Liga FC Seoul sejak tahun 2004. Stadion ini dibuka pada tahun 2001. Ini memiliki kapasitas 68.476 (66.806 untuk Reguler; 916 untuk VIP, 754 untuk Media) [1] dibangun untuk Piala Dunia 2002.

16. Amethyst Showcase :

kalau disini kita didemokan pembuatan Batui Permata, berlian dll, dan disini kita juga tdk bisa berfoto ria, tapi saya yakin sih, kita juga punya tempat batu permata dan berlian yang baik, bahkan berlian terbaik didunia ….yaitu Martapura kalsel. Hanya saja, Indoneisa, pengolahan Batunya yang belum bagus, makanya seringkali belinya sih di Indonesia tapi pengolahannya dibawa ke Luar Negeri.

17. Suwon Waseong – Benteng tengah kota :

Wisata menarik, benar2 menarik….benteng tengah kota krn sekelilingnya ada Benteng, dan kita bisa masuk kedalamnya…dan jalan samapai mengelilingi….

Pemandangan luarbiasa, kita kita berada diatas benteng penjaga…melihat keindahan kota Seoul….

18. Shopping at Dongdaemun :

Dongdaemun — lebih dikenal dengan nama Heunginjimun (Gerbang Kebajikan yang Bersinar) — adalah bangunan bersejarah yang berada di pusat kota SeoulKorea Selatan. Nama bahasa Korea “Dongdaemun” berarti “Gerbang Besar Timur” diberikan karena menunjukkan letaknya pada sebalah timur kota Hanyang (Seoul pada zaman dinasti Joseon) yang pada saat itu masih dikelilingi tembok. Gerbang ini terletak di wilayah padat Jongno.

Setelah Namdaemun (Gerbang Selatan) terbakar pada tanggal 10 Februari 2008 lalu, Dongdaemun adalah satu-satunya dari 3 buah gerbang besar yang masih berdiri. Sedangkan Gerbang Barat (Seodaemun) sudah sejak lama hancur.

Struktur pertama dibangun pada tahun 1396, pada masa pemerintahan (tahun) ke-6 Raja Taejo dari dinasti Joseon. Dongdaemun kembali direnovasi pada tahun 1453 dan struktur yang berdiri saat ini adalah hasil renovasi dari tahun 1869.

19. Shopping at Myeongdong down town :

Myeongdong atau Myongdong adalah sebuah permukiman di kota Seoul (dong) di divisi adminstratif Jung-gu, berlokasi antara Chungmuro,Euljiro, dan Namdaemun-ro. Wilayahnya mencakup 0,91 km² dengan populasi 2.986 jiwa, dan sebagian besar wilayahnya adalah distrik komersil dan bisnis.

Myeongdong adalah salah satu distrik belanja Seoul yang terbesar, banyak terdapat toko-toko yang menjual barang-barang dengan harga sedang sampai mahal dari produksi dalam negeri maupun internasional. Myeongdong juga adalah pusat fashion dan kehidupan malam dari anak-anak muda Seoul. Distrik ini mempunyai jalan kota termahal ke-9 di dunia dalam hal sewa floorspace.[1]

Myeongdong memiliki 4 Toserba terkemuka: MiglioreLotte Department Store, Avatar, dan High Harriet. Wilayah ini juga adalah pusat utama dari badan jasa finansial. Beberapa perusahaan asuransi terkemuka juga berkedudukan di sini termasuk: CitibankSK CorporationKookmin BankKorea Exchange BankLone Star FundsSumitomo Mitsui Banking CorporationAIG Korea InsuranceHana Bank, dan HSBC. Pusat keuangan Seoul terbagi antara daerah ini dan Yeouido dimana letak Korean Stock Exchange (Bursa Efek Korea).

Di distrik ini terdapat situs dari banyak Kedutaan Besar negara-negara sahabat, kantor pusat YWCA, badan UNESCO dan Katedral Myeongdong; katedral Katolik tertua di Korea. Di Myeongdong kadang-kadang bisa disaksikan unjuk rasa.

20. Sinchon Fashion Street :

Jalan-jalan Shinchon, terletak antara tiga dari universitas paling bergengsi di Korea (Yonsei, Ewha Perempuan, Dan Sogang), selalu tampak penuh dengan anak muda senang dan riang.Pada siang hari, Shinchon penuh dengan siswa bergegas ke kelas, menghabiskan waktu dengan teman-teman di warung kopi antara kelas, atau belanja. Pada malam hari, mereka mengisi jalan-jalan, pergi antara berbagai restoran, bar, kafe rock, dan klub malam yang garis gang. Sejumlah bar bergaya Barat dan restoran baru-baru ini dibuka untuk memenuhi jumlah besar mahasiswa asing yang telah mulai datang ke Korea, terutama selama bulan-bulan musim panas.

apa kabar? lama gak nulis lagi diblog ini :D maklum tugas banyak, sebenernya banyak yang mau di tulis tapi ketahan semua di otak belum sempat disalurkan ahahah, dan uniknya lagi nulis ini dalam keadaan saya puasa ahaha *tahaaann😄

Nah kali ini, kinan bakal share tentang makanan khas Korea..kenapa Korea? karena setahun belakangan ini kinan lagi tertarik dengan yang berbau-bau korea especially K-POP ahahah #lupakan nah buat nambah2 pangetahuan tentang makanan khas korea kinan bakal share disini.. CHECK THIS OUT

1. Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채;Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.” Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

nah kinan mau cerita sedikit mengenai kimchi, ahahaha waktu itu kinan sama ditha rencana mau buat kimchi gara-gara penasaran, jadilah hari itu kita berdua pergi beli bahan-bahan yang diperlukan, sebelumnya kita udah cari resepnya diinternet :D setelah bikin sore itu, malam jam 7 kimchi siap untuk di coba..nah ternyata minyak ikan-nya bikin kinan mau muntah, tapi kalo pedes-nya manteeppp loo :p akhirnya buat kimchi hari itu berhasil, namun gara2 lidah kampung kali ya, jadi eneg-eneg gitu makannya..but tetep enak kok :D patut dicoba biar tau rasanya :D

2. Bulgogi


Bulgogi (불고기) adalah potongan daging sapi yang dipanggang dengan kecap, minyak wijen, bawang putih, bawang bombai dan lada hitam. Bulgogi berarti “daging api”. variasinya:  ayam (dak-bulgogi), dan soto.

ini kayanya enak deh :3 daging sapi soalya :D

3. Sundubu Jigae

Makanan Korea yang panas banyak jenisnya tetapi yang disebut makanan panas biasanya mempunyai kuah panas. Makanan panas itu cukup menghangatkan badan hingga orang dapat bertahan dalam kedinginan baik di dalam maupun di luar ruangan. Masakan Korea yang bernama ‘Sundubu Jjigae’ sebagai masakan yang sangat cocok dengan musim dingin. Sundubu Jjigae adalah masakan khas Korea yang dibuat dari tahun yang lembut seperti sutra dalam kaldu sapi atau hasil laut yang pedas dilengkapi dengan daging, bawang bombay, dan Kimchi dan sangat cocok untuk dimakan di musim dingin. Sundubu Jjigae yang panas dan pedas mungkin orang dapat melupakan sebentar dinginnya cuaca. wah seger nih kayanya..tapi itu telornya belum masak ya? oh iya itu kan plate-nya panas juga, pasti langsung mateng :D

4.  Mie Ramyeon

 

ramyeon (라면): mie ramen

khas Korea, namun agak berbeda dengan ramen dari Jepang. Ramyeon Korea dapat pula berarti mie instan yang dijual kemasan. Ramyeon dimasak dengan kuah yang sangat pedas danbiasanya ditambah sayuran, daging atau kimchi.

5.  Jajangmyeon

Jajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah jenis makanan Korea yaitu mi saus pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon dipengaruhi kuliner Cina, dan orang Cina biasa menyebutnya Zhajiangmian (炸醬麵). Jajang artinya saus goreng, dan myeon artinya mie.

Jajangmyeon menggunakan mie tebal yang terbuat dari tepung gandum.Saus jajangmyeon dibuat dari pasta kacang kedelai hitam yang disebut chunjang (hangul: 춘장; hanja: ) yang ditambahkan dengan bawang merah cincang, zucchini dan daging merah atau makanan laut. Ketika memasak saus biasanya ditambahkan cornstarch (sejenis pati yang terbuat dari tepung jagung) agar saus jadi kental. Pasta kacang kedelai (chunjang) dibuat dari kedelai yang dipanggang (dibakar). Oleh karena itu, jajang mengandung arti saus yang digoreng walau sebenarnya saus dimasak dengan cara direbus.

sumpah yang ini bikin kinan ngiler banget apalagi warnanya yang coklat gitu, wah mengodaa :D *inget lagi puasa wooyy

6. Gimbap

Gimbap adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Bentuknya sih emang mirip dengan sushi tapi beda kok. Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan.

Bahan dasar gimbap adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging kepiting, telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji (acar lobak)

6. Tteokbokki

Tteokbokki adalah penganan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha. Nah aku pernah liat nih di teaser salah satu personel BEAST yang thanks to..mereka makan ini nih :p

Pada awalnya, penganan ini berasal dari masakan istana Dinasti Joseon yang disebut gungjung tteokbokki. Pada waktu itu, masakan ini berupa huintteok yang dimasak dengan kecap asin bersama daging sapi, bagogari, kecambah kacang hijau, peterseli, shiitake, wortel, dan bawang bombay. Rasanya jauh berbeda dari tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang. Selain itu, tteok yang dipakai bisa terdiri dari 5 warna yang melambangkan Korea: merah, kuning, putih, hitam, dan biru

8. Bungeoppang (Kue Ikan)

Bungeoppang (붕어빵; “roti ikan mas”) adalah jenis kue panggang yang diisi dengan pasta kacang merah dengan cetakan berbentuk ikan. Wah ini kayanya enak, bentuknya juga lucu :p

nah ini kalau udah di gigit alias dimakan :p dalemnya begitu tuh wah enak juga nih..aaaa pengen

Nah segitu dulu ya..kalo gak ada halangan bakal di lanjut lagi karena masih banyak banget makanan khas korea yang enak-enak, berhubung juga kinan lagi puasa gak baik liat makanan lama-lama ahahah enak-enak pula..terimakasih udah mau baca dan ngiler-ngiler bareng kinan :D

ANNYEONGGG :D

BELAJAR BAHASA KOREA : JALAN-JALAN DI KOREA

1

Belajar Bahasa Korea, Cheonggyecheon
Lihat bagian I (perkenalan) disini
Belajar Bahasa Korea
atau bahasa apapun sangat mudah. Yang penting pelajari saja kata-kata dasarnya dulu, yang sering dipakai sehari-hari.
Sedikit dari bagian pertama :
Annyong haseyo : Halo, apakabar?
Nama saya Eko : Na-nun Eko imnida (atau “Chonun Eko imnida”).
Terimakasih : Gamsa hamnida!
Ya : Ne.
Tidak : Anio.
Tambah lagi bagian kedua belajar bahasa Korea.
Kalau bertemu teman dari Korea dan mau memperkenalkan pasangan kita :
Istri saya : anae.
Ini istri saya : Ibunun uri anne eyo.
Suami saya : chuin.
Ini suami saya : Ibunun uri nampyonieyo.
Kalau ketemu orang Korea dan siapa tahu dia bisa ngomong Inggris.
Bahasa Inggris : Yong-O.
Apakah Anda bisa bicara bahasa Inggris? : Yong-O haseyo?
Jalan-jalan Ke Korea!
Bandara/airport : Konghang.
Bandara internasional di Seoul Korea adalah Bandara Incheon. Bandara ini adalah salahsatu bandara terbaik di dunia (Businessweek dan Skytrax), selain Hong Kong International Airport, dan Changi Singapura.
Hotel : Hotel.
Taksi : Taekshi (gampang kan?).
Kalau naik taksi jangan lupa ingat-ingat/tulis nama tujuannya dalam bahasa Korea biar supirnya ngerti.
Tolong antarkan ke ____ : ____ ga juseyo.
Tolong antarkan ke Hotel Seoul : Seoul hotello ga juseyo.
Antar saya kesini : I chusoro chomka juseyo (sambil nunjukkin alamatnya).

Berapa ongkosnya? (Taksi) : Eol mayeyo?

Kalau jalan-jalan di Korea paling enak naik Subway. Katanya subway di Korea adalah salahsatu yang paling bagus di dunia, dan semua tempat tujuannya juga ditulis dalam bahasa Inggris, jadi gampang.

Stasiun Kereta api bawah tanah/Subway : chihachol yok.
Tiket : Pyo.
Bis : Bosu.
Mobil : Jadongcha.
Belanja-belanja di Korea..
Mau belanja ? Tukar dulu uangnya ke uang Korea, Won.
1 Won = Rp 8 (Agustus 2009).
Money changer : hwan gumsang.
Mal/shopping center : Syoping sento (gampang kan?).

Yang paling top adalah Apgujeong-dong Street (high class fashion shopping center) dan Pasar Namdaemun (pasar seru yang ramai dan murah).

Berapa ? : Eolma ?
Berapa harganya ? : Eolma jyo ?
Diskon : Harin.
Bisa kasih diskon ngga? : Harinhae chushigessumnikka?
Obral (penting..) : Pagen seil (kedengarannya seperti “Sale”).

Setengah harga : Pan kap.

Gratis : Muryo (gratisan, penting).
Sebelum belanja atau jalan-jalan keliling Korea mau nyalon dulu ? (biar fotonya oke..).
Salon : Mijang won.
Tamasya/jalan-jalan/wisata : Kwangwang.
Ongkos masuk/harga tiket tempat wisata : ipchang nyo.
Tempat-tempat wisata top di Korea :
Lotte World :
Taman hiburan indoor (mungkin) yang terbesar di dunia, roller coaster and all, ada Taman Mininya juga (kayak TMII-nya Korea, wajib kunjung), mall (of course), restoran, kolam renang, bahkan tempat ice skating.
Itaewon :
Tempat gaul di Korea, kayak Citos (Cilandak Town Square). Disini banyak tempat makanan Asia, bahkan makanan halal, dan Mesjid Utama Seoul juga ada di Itaewon. Tempat ini juga jadi salahsatu lokasi basis militer Amerika, jadi kebanyakan orang disini bisa bahasa Inggris sederhana.
Apgujeong-dong Street :

Beverly Hills-nya Korea dan fashion center! Mungkin salahsatu yang terbaik di dunia. Tempat lainnya adalah Myung-Dong Street.

Istana Gyeongbok :

Istana terbesar dinasti Joseon. Korea banget, wajib kunjung.
Changdeokgung :

Istana raja Korea yang dibangun tahun 1405, dan masuk dalam UNESCO World Heritage Sites.

Kimchi Museum :

Udah ketahuan kan dari namanya? Keren, tempat wajib kunjung bagi yang doyan makan dan tentu ada tempat icip-icip-nya. Ada di COEX Mall.
63 Buildings :
Gedung tertinggi di Korea yang terbuka untuk umum, diatapnya ada tempat observasi dimana kita bisa menikmati seluruh panorama Seoul. Di dalamnya juga ada akuarium indoor terbesar di dunia (hampir 400 jenis spesies ikan), dan juga tentu banyak restoran dan fastfood.

Namdaemun (The Great South Gate) & Pasar Namdaemun :

Gerbang raksasa Namdaemun adalah salahsatu pusat tujuan wisata Korea. Dan pasar Namdaemun (di dekat Gerbang), adalah surga belanja dan pusatnya barang-barang suvenir Korea yang murah. Ada lebih dari 1000 toko disana. Jangan lupa nawar, boleh kok (Diskon : Harin).
Toko suvenir : Sonmul kage (penting dong punya suvenir).
Toilet : Hwajangsil/phongi.
Dimana toilet ? : Hwajangsil-I odi issoyo?
Suka nonton film Korea?
Film : Yonghwa.
Bioskop : Kukchang.
Aktor : Paeu.

Aktor terkenal : Dae Jang Geum.

Makan-makan di Korea
Makan : Chapsuda.
Restoran : Shiktang.
Menu : Menyu.
Kalau menunya dalam bahasa Korea dan anda ingin yang dalam bahasa Inggris?
Bahasa Inggris : Yong-o.
Apa anda punya menu dalam bahasa Inggris ? : Yong-o-ro doen menu issoyo?

Makanannya :

Daging sapi panggang khas Korea : Bulgogi.
Nasi sayur daging sapi + telor : Bibimbap.
Sop (tahu+sayuran+daging sapi) : Sundubu jigae.
Ayam : Takkogi.
Ayam goreng : Kentucky Fried Takkogi.
Air putih : Mul.
Kopi : Kopi (dari Coffee).
Kopi susu : Kopi suesue (hahaha).
Teh : Cha.
Tolong minta air putih dong : Mul, chushipshio.
Tolong kopi : Kopi, chushipshio.
Sandwich : Sanduwichi.
Steak : Suteiku.
Tolong billnya dong : (simpelnya sih sama aja seperti disini, angkat tangan dan gerakan tangan anda seperti menulis bill), Kyesanso-rul kajo oshio.
Toko roti (kalo agak lapar dan pingin ngemil) : Pangjip.

Kedai kopi : Starbucks.. (Kopi shop, dari bahasa Inggris).

Kalau ke Korea, siapa tahu anda perlu ke kedutaan Indonesia.
Kedutaan/embassy : Taesagwan.
Masjid : Hogyosawon (ada satu yang besar di Itaewon).
Kata-kata penting lain dalam bahasa Korea.
Buku : Chaek.
Guru : Sonsaengnim.
Ilmu pengetahuan : Kwahak.
Kampus : Kaempous.
Kantor : Samushil.
Musik : Umak.
Musisi : Umakka.
Penyanyi : Kasu.
Pesta : Pati (baca : Party Man!).
Game Komputer : Starcraft!!
Telepon : Chonwha.
Hape (ponsel) : Hendu pon (baca : handphone).
Warnet : Intonet kape / Pishi-bang.
Teman (teman baik) : Chingu.

Televisi : Samsung/LG.

Oke sekian dulu.
Ghamsa Hamnida! (Terimakasih).

Lagu Korea Terbaru Terpopuler 2011 – Artis Korea akhir-akhir ini lagi menghebohkan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Untuk kategori musik, lagu-lagu yang berasal dari Korea pun sangat digandrungi, tentunya hal tersebut dilatarbelakangi oleh tayangan film-film korea maupun drama seri Korea yang sangat populer belakangan ini. Beberapa boyband maupun girlband yang berasal dari Korea pun menjadikan trendseter bagi para penggemarnya, entah itu dari penampilannya, jenis musiknya, style nya, dll. Bahkan di Indonesia pun terdapat boyband dan girlband yang mengikuti jejak K-Pop band korea, seperti 7 ICONS. Duo grup band tersebut mampu menghentak dunia permusikan tanah air dan mampu bertengger ke dalam Tangga Lagu Indonesia terpopuler 2011. Untuk taraf internasional, memang artis-artis Korea tersebut belum mampu menandingi kepopuleran Justin Bieber, namun untuk sekarang ini demam Korea mampu mendunia, bahkan beberapa konser internasional mereka juga sold out tiketnya.

kpop lovers

Berikut ini Daftar Lagu Korea Terbaru Terfavorit 2011 =

1. Super Junior – Mr Simple

2. Busan Girl – Rain

3. Rainbow – To Me(내게로…)

4. Big Bang – Love Song

5. Kim Greem – 너 밖엔 없더라 (This Is Only You)

6. Yangpa – 아파 아이야 (It Hurts)

7. Hate You – 2NE1

8. Kim Tae Woo – 메아리 (Echo)

9. A Pink – 몰라요 (Don’t Know)

10. Clover – La Vida Loca

11. CNBlue – 직감 (Intuition)

12. Orange Caramel – Bangkok City

13. Monday Kiz – 슈루룹 (Shoo roo roop)

14. U-Kiss – 0330

15. Dal★Shabet – 핑크 로켓 (Pink Rocket)

16. After School – Shampoo

17. K.Will – 가슴이 뛴다 (Heart Is Beating)

18. 4 minute – 거울아 거울아 (Mirror Mirror)

19. Jay Park – Abandoned (feat. Dok2)

20. Infinite – Nothing’s Over

21. Ali – 별 짓 다해봤는데 (Tried All Different Kinds of Things)

22. Tony An – Topstar

23. San E, Outsider, Chang Min – 가면 안돼 (Can’t Leave)

24. Lee Hyun – 다며 (Although You Said So)

25. Wheesung – 가슴 시린 이야기 (Story of a Cold Heart)

26. Supreme Team – 배가 불렀지 (I’m Full (feat. GaeKo))

27. ERU – 촌스럽고 유치하게 (Unsophisticated and Childish)

28. Zi-A – 들리나요 (Can You Hear Me?)

29. Big Bang – Stupid Liar

30. Jung In – 장마 (Rainy Season)

31. Falling In Love – Kim Tae Woo

32. Teen Top – Don’t Spray Perfume

33. So Cool – SISTAR

34. Park Bom – Don’t Cry

35. Cry Out With My Heart, December Featuring Yoonmi Ayead, Irene

36. Girl’s Day – 반짝반짝 (Twinkle Twinkle)

37. That Is My World, Lena Park

38. f(x) – 피노키오 (Pinocchio (Danger))

39. NS Yoon Ji – Want To See You Again

40. Davichi – Heaven

Demikian beberapa Lagu Korea Terbaru Terfavorit 2011 yang dapat saya sajikan. Selain dari informasi tentang musik di atas, Anda juga dapat melihat beberapa informasi menarik lainnya, hanya di LINTAS TERBARU, hehe. Sekian dan terima kasih :D

Nominasi Mnet’s Annual Music Award

post by anha
image

‘Mnet‘s Annual Music Awards’ (or ‘MAMA’)
sedang berisap untuk mengirimkan sebuah
event spektakuler di akhir November, tapi
sebelum mereka melakukannya mereka
sedang berkonsentrasi meringkas artis2 dan
lagu2 yang paling populer tahun ini.
’2011 MAMA’ memulai sistem voting online
pada 1 November, mengundang fans Kpop
dari seluruh dunia menamai pilihan2
mereka pada akan jadi milik siapakah tahun
2011.
Berikut nominasi2 nya dan berikan suara
kalian melalui website ’2011 MAMA’!

Best New Male Artist:
Kim Ji Su
Boyfriend
N-Train
Huh Gak
B1A4

Best New Female Artist:
Dal Shabet
Brave Girls
A Pink
Jang Jae In
Han Groo

Best Male Group:
TVXQ
2PM
Super Junior
Big Bang
B2ST

Best Female Group:
Brown Eyed Girls
2NE1
f(x)
SNSD
KARA

Best Male Artist:
Kim Bum Soo
Kim Tae Woo
Kim Hyun Joong
Sung Si Kyung
Wheesung

Best Female Artist:
Kim Wan Sun
Baek Ji Young
Seo In Young
IU
G.NA

Best Solo Dance Performance (Solo):
Kim Hyun Joong
G.NA
HyunA
Jang Woo Hyuk
Jay Park

Best Dance Performance (Male Group):
TVXQ
B2ST
Big Bang
Super Junior
MBLAQ
INFINITE

Best Dance Performance (Female
Group):
SNSD
SECRET
T-ara
4minute
2NE1
miss A

Best Band Performance:
CNBLUE
F.T. Island
Jang Kiha and the Faces
YB
Jaurim

Best Rap Performance:
Leessang
Mighty Mouth
Clover
Tablo
Simon D

Best Vocal Performance (Solo):
IU
Lee Hyun
Huh Gak
K. Will
Kim Gun Mo

Best Vocal Performance (Group):
Davichi
SISTAR19
2AM
2NE1
4Men

Best Vocal Performance (Group):
Baek Ji Young (“That Woman” – ‘Secret
Garden’ OST)
IU (“Someday” – ‘Dream High’ OST)
Lim Jae Bum (“Love” – ‘City Hunter’ OST)
Taeyeon (“Love You” – ‘Athena’ OST)
Huh Gak (“Please Don’t Forget Me” – ‘The
Greatest Love’ OST)

Best Music Video:
Brown Eyed Girls (“Sixth Sense”)
Big Bang (“Love Song”)
Sunny Hill (“Midnight Circus”)
Jang Kiha and the Faces (“Just Know Each
Other”)
UV (“Itaewon Freedom”)

Song of the Year:
Kim Gun Mo – “Sadder Than Yesterday”
Kim Hyun Joong – “Break Down”
Davichi – “Don’t Say Goodbye”
TVXQ – “Keep Your Head Down”
Leessang – “Turned Off The TV”
Mighty Mouth – “Tok Tok”
Jay Park – “Abandoned”
Baek Ji Young – “That Woman” (Secret
Garden OST)
B2ST – “Fiction”
Big Bang – “Tonight”
SNSD – “The Boys”
Super Junior – “Mr Simple”
SECRET – “Shy Boy”
SISTAR19 – “Ma Boy”
IU – “Good Day”
MBLAQ – “Mona Lisa”
Lee Hyun – “You Are The Best of My Life”
Lim Jae Bum – “Love” (City Hunter OST)
Jaurim – “Idol”
INFINITE – “Be Mine”
Jang Kiha and the Faces (“Just Know Each
Other”)
Jang Woo Hyuk – “Time is (L)over”
Clover – “La Vida Loca”
Tablo – “Bad”
Taeyeon (“Love You” – ‘Athena’ OST)
T-ara – “Roly Poly”
4minute – “Mirror Mirror”
Huh Gak – “Hello”
HyunA – “Bubble Pop”
2AM – “You Wouldn’t Answer My Calls”
2NE1 – “I Am The Best”
4Men – “Once While Living”
CNBLUE – “Intuition”
F.T. Island – “Hello Hello”
G.NA – “Black & White”
K.Will – “My Heart is Beating”
miss A – “Goodbye Baby”
Simon D – “Cheerz”
YB – “Find the Dream Breaker”

Artist of the Year:
Kim Bum Soo
Kim Wan Sun
Kim Ji Su
Kim Tae Woo
Kim Hyun Joong
Dal Shabet
TVXQ
Baek Ji Young
Boyfriend
Brown Eyed Girls
Brave Girls
B2ST
Big Bang
Seo In Young
Sung Si Kyung
SNSD
Super Junior
IU
A Pink
N-Train
Jang Jae In
KARA
Han Groo
Huh Gak
Wheesung
2NE1
2PM
B1A4
f(x)
G.NA

Salam Azoners Kali Ini Admin Mau Ngasih Berita nih siapa saja Yang Menjadi Pemenang Di Golden Disk Awards ke 26 yang dilaksanakan di Kyocera Dome, Jepang
Acara Penghargaan Golden Disk Awards ke 26 kali ini dibagi menjadi Dua bagian : Yaitu bagian pertama Digelar pada 11 Januari Kemarin Dimana Pada Bagian Pertama, Penghargaan Yang diberikan Khusus Untuk Pemenang Yang Mendapatkan Penghargaan kategori Album fisik, Sedangkan DiBagian kedua yang Digelar Pada 12 Januari mengumumkan pemenang-pemenang untuk kategori album Digital. Nah Oleh karena Itu, Admin disini Mau Ngasih Daftar Siapa saja Yang meraih Penghargaan Pemenang Golden Disk Awards  ke 26 Baik Bagian 1 Dan Juga Bagian 2 ! Ini Dia ^_^

Daftar Pemenang Golden Disk Awards  ke 26 Bagian Satu 
(11 Januari 2012)
  • ▲ Disk Daesang
  • – Super Junior
  • ▲ Disk Bonsang
  • – f(x)
  • -Infinite
  • – MBLAQ
  • – Jay Park
  • – KARA
  • – CN Blue
  • – B2ST
  • – Super Junior
  • ▲ Rookie Award
  • – B1A4
  • – Dal Shabet
  • – A Pink
  • ▲ Popularity Award
  • – Super Junior
  • ▲ Hallyu Icon Award
  • – Infinite
  • – Rainbow
  • ▲ Best Hallyu Star Award
  • – KARA
  • ▲ MSN Japan Award
  • – Super Junior
  • ▲ CeCi Award
  • – B2ST
▲ Golden Disk Producer Award
– Hong Seung Sung (Cube Entertainment)   (alk/aia)
 Daftar Pemenang Golden Disk Awards  ke 26 Bagian ke dua (12 Januari 2012)
  • Digital Daesang
    – Girls’ Generation
  • Digital Bonsang
    – miss A
    – G.NA
    – CNBLUE
    – K.Will
    – SISTAR
    – SECRET
    – Girls’ Generation
    – 4minute
  • Rookie Award
    – Huh Gak
    – Boyfriend
  • Cosmopolitan ‘Fun & Fearless Musician’ Award
    F.T. Island
  • Best Rock Musician of the Year
    F.T. Island
  • Hallyu Icon Award
    – Supernova
  • Best Asian Group Award
    CNBLUE
  • ViVi Dream Award
    – CNBLUE

Selamat Bagi Para Pemenang Golden Disk Award Ke 26, Salam Azoners !

(News) Daftar Pemenang ’Melon Music Awards 2011’

Bintang2 Kpop menghadiri  ‘2011 Melon Music Awards‘ di Seoul Olympic Park Stadium pada 24 November.

 

Acara awards dimulai pada tahun 2009 dan sekarang memasuki tahun ketiga, membangun sendiri sebagai salah satu dari 4 besar upacara penghargaan musik di Korea Selatan, bersamaan dengan Mnet Asian Music Awards, Golden Disk Awards, and Seoul Music Awards.

Dipandu oleh Super Junior’s Leeteuk, actress Park Shin Hye and B2ST‘s Doojoon, upacara penghargaan dikenal karena menghitung hanya dari penjualanan digital  (80%) and vites online (20%) di Melon.com; penghitungan dari dua faktor itu akan menghasilkan pemenang2 dalam berbagai kategori.  Berikut daftarnya:

▲ 2011 Artist (Daesang)

– B2ST

▲ 2011 Album (Daesang)

– 2NE1 (’2NE1 2nd mini-album’)

▲ 2011 SK Planet Best Song (Daesang)

– IU (“Good Day”)

▲ 2011 Top 10 Artists

2NE1 | f(x) | Leessang | Park Jung Hyun | B2ST
Big Bang | Super Junior | SECRET | SISTAR | IU

▲ 2011 Best New Artist

– Huh Gak

▲ 2011 Global Artist

– SNSD

▲ 2011 Netizen Popularity Battle

– Super Junior

▲ 2011 Hot Trend

– ‘Infinity Challenge’: ‘Highway Song Festival’ project album

▲ 2011 MBC Music Star Award

– Baek Ji Young

▲ 2011 OST

– Sunny Hill (“Pit-a-Pat” from ‘The Greatest Love’ OST)

▲ 2011 Rap/Hip Hop

– GD&TOP

▲ 2011 R&B/Ballad

– Kim Bum Soo

▲ 2011 Rock

– CN BLUE

▲ 2011 Music Video

– T-ara (“Roly-Poly”)

▲ 2011 Song Writer

– Jun Hye Sung (Davichi’s “Don’t Say Goodbye”, Baek Ji Young’s “That Woman”)

▲ 2011 Performing Arts Award

– Lee Seung Hwan

 

2 responses »

  1. dithasaripramesti mengatakan:

    wouuu,, all about korea?? nice post😀
    i like it😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s